Jangan Mendendam, Ikhlaskan!




Ada banyak cerita tak enak dalam hidup saya, sejak kecil bahkan hingga sekarang, so, jangan bilang hidup saya enak terus hanya karena saya suka tertawa dan nggak pernah keliatan sedih hehehe
Banyak yang nggak enak tapi memang saya bukan tipikal orang yang mudah marah, sedih, atau lemah
Sesekali okelah saya menangis bahkan meraung-raung
Lantas saya juga pernah stress hingga mengurung diri
Tapi yang saya herankan adalah setiap air mata menitik semakin bulat keinginan saya untuk berubah lebih kuat
Saya pernah disepelekan orang, dikritik nggak jelas, dicaci maki, digunjing, hingga dimusuhi terang-terangan. Sedih? Iya, marah? Iya, dendam? TIDAK!
Saya pernah dibohongi, dikhianati, diadudombakan. Sedih? Iya, marah?Iya, dendam? TIDAK!
Saya bukan tipe pendendam, buat saya dendam tidak ada gunanya!
Saya lebih suka mengikhlaskan segalanya dan kembali melangkah
Setiap hal buruk yang saya alami, lagi-lagi semakin menguatkan saya untuk berdiri lebih tegak
Saya tidak akan dendam, saya cukup membuktikan kotoran yang dilemparkan bisa berubah jadi berlian ^^
Lucu, kadang memang lucu! Beberapa orang yang sempat memusuhi datang kembali bahkan kini kami bersahabat
Pernah ada yang bertanya, kok bisa memaafkannya? Saya bilang, kenapa tidak? Bukankah Allahpun Maha Pemaaf 
Tapi pernah juga orang yang tidak jera menyakiti saya, sampe akhirnya saya memutuskan untuk mundur perlahan....memaafkan? ya, tapi untuk berkawan kembali, TIDAK!
Ya, saya memilih tidak mendendam tapi saya mencoba ikhlas
Saya yakin waktu yang akan membuat segalanya lebih indah
Saya yakin proses perjalanan hidup yang mematangkan manusia
Saya yakin ketidaktahuan akan diri kitalah yang membuat orang membenci kita
Saya yakin hidup bukan hanya mengecap keindahan tapi juga untaian permasalahan
Saya yakin diri saya sudah melakukan hal yang benar karena saya bertanggungjawab pada masa depan saya
Saya yakin hanya dengan keikhlasan, hidup yang berat terasa ringan
Ya, saya memilih tidak mendendam!
Dan bagi saya hidup tanpa dendam itu indah!
Ya, hidup ini terlalu indah untuk menyimpan dendam!

2 comments:

  1. Subhanallah...tulisan ini menyadarkan saya akan banyak hal..,Mudah2an orang yg menulisselalu mendapat perlindungan dari Allah SWT..amin

    ReplyDelete
  2. it's a very good article..

    ReplyDelete